Lompat ke konten
+6281902779492

Sejarah Berdirinya STIS Abu Zairi

Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Abu Zairi Bondowoso merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Indonesia yang ada di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur yang berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia dan berada di lingkungan Yayasan Pondok Pesantren Islam Salafiyah Abu Zairi Bondowoso.

Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Abu Zairi Bondowoso berdiri pada tahun 2017 dan diketuai langsung oleh pengasuh yaitu KH. Muhammad Holid, S.Ag., M.Hum. Pada tahun pendirian tersebut, STIS Abu Zairi Bondowoso langsung membuka dua program studi yaitu: Program Studi Ekonomi Syari’ah (ES) dan Program Studi Al-Akhwal Al-Syakhsiyah (AS) tersebut saat ini telah diperbaharui dengan surat keputusan dengan nomor 3181 Tentang penyesuaian Numenklatur Program Studi Ahwal AL Syakshiyah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso Jawa Timur tahun 2021.

Di tahun 2017, STIS Abu Zairi menerima mahasiswa baru berjumlah 43 mahasiswa dengan rincian Program Studi Al-Akhwal Al-Syakhsiyah 23 mahasiswa dan program studi EKONOMI Syari’ah 19 mahasiswa. Pada tahun 2018, STIS Abu Zairi menerima mahasiswa baru berjumlah 39 mahasiswa dengan rincian program studi Al-Akhwal Al-Syakhsiyah 20 mahasiswa dan Program Studi Ekonomi Syari’ah 19 Mahasiswa. Ini menunjukkan bahwa STIS Abu Zairi setiap tahun mengalami peningatan penerimaan mahasiswa baru secara konsisten.

Berdirinya STIS Abu Zairi di Pondok Pesantren Islam Salafiyah Abu Zairi Bondowoso merupakan cita-cita dari pendiri dan pengasuh pertama yaitu KH. Abu Zairi, yang kemudian dapat direalisasikan oleh KH. Muhammad Holid (menantu KH. Abu Zairi sekaligus Pengasuh ke II) dan Ibu Nyai Bahdatul Laili (Putri KH. Abu Zairi).

STIS Abu Zairi Bondowoso sebagai perguruan tinggi di lingkungan pesantren memiliki tujuan menumbuh kembangkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama Islam akidah ahlussunah waljama`ah sehingga mampu melahirkan generasi santri yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah, untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta melalui pengkajian dan penelitian ilmiah, untuk mendidik mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang bermoral, memiliki kemantapan akidah dan kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan professional, serta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Fasilitas-fasilitas yang dimiliki STIS Abu Zairi sebagai sarana untuk mewujudkan tujuan berdirinya adalah (1) Tempat perkuliahan yang yaman dan berada dilokasi yang strategis, (2) perpustakaan, (3) kegiatan pratikum sesuai dengan bidangnya, (4) disediakan besiswa bagi siswa yang berprestasi, (5) keringanan biaya bagi yang benar-benar tidak mampu, (6) masjid sebagai kegiatan ritual dan kajian intensif dalam kerangka pemahaman dan pendalaman, (7) Laboratorium Komputer, dan (8) Unit Kegiatan Mahasiswa.

STIS Abu Zairi Bondowoso memiliki modal dan dasar yang kuat untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan perguruan tinggi terutama di bidang keilmuan Syari’ah. Visi STIS Abu Zairi Bondowoso adalah Menjadi Perguruan Tinggi Enterpreneurship Berbasis Pesantren yang Unggul dalam Ilmu Syariah dan berdaya saing di tingkat nasional. Sasaran lulusan STIS Abu Zairi memiliki keunggulan dalam bidang ekonomi syariah dan hukum serta mampu bersaing ditingkat nasional. Untuk mewujudkan hal ini maka capaian mata kuliah yang ditempuh mahasiswa menekankan aspek keunggulan dibidangnya.